Pages

Senin, 05 November 2012

PADANG RUMPUT

5. PADANG RUMPUT

LETAK:
Bioma ini terbentang di Amerika Utara, Asia, Amerika Selatan, Afrika Tengah, dan Australia. Istilah umum yang digunakan untuk bioma ini adalah Grassland atau Padang rumput.


CUACA:
Curah hujan sangat rendah berkisar antara 25-75 cm per tahun dan tidak teratur. Turunnya hujan yang tidak teratur tersebut menyebabkan porositas dan drainase kurang baik sehingga tumbuhan sukar mengambil air. Kelembaban udara sangat rendah. Suhu pada waktu siang hari sangat tinggi, sedangkan pada malam hari sangat rendah. Bioma ini juga mengalami masa kekeringan yang panjang. Keadaan ini tidak memungkinkan pepohonan tumbuh baik di padang rumput.

FLORA:
Vegetasi yang mampu beradaptasi dengan daerah yang porositas dan drainasenya kurang baik adalah rumput. Pada daerah yang curah hujannya tinggi, jenis rumput yang tumbuh adalah Bluestem dan Indian Grasses yang tingginya mencapai 3 meter. Daerah yang kurang curah hujannya, rumputnya pendek misalnya rumput Grama dan Buffalo Grasses.

FAUNA:
Jenis rumput yang berbeda dan dominan disuatu tempat mempengaruhu herbivornya, misalnya bison dan kuda liar di Amerika; gajah, jerapah, dan zebra di Afrika; serta domba, bri-biri dan kangguru di Australia. Kelompok karnivora adalah singa, srigala, harimau, anjing liar, cheetah, ular, dan berbagai jenis serangga buas.

Padang rumput yang ditumbuhi banyak pohon disebut savana.

0 komentar:

Posting Komentar