Pages

Senin, 05 November 2012

GURUN PASIR

6. GURUN PASIR

LETAK:
Gurun pasir terbentang luas di Afrika Utara, Asia, Australia, dan sebagian kecil Amerika.


CUACA:
Curah hujan sangat rendah berkisar antara 25 cm per tahun. Kadang-kadang hujan lebat turun tetapi sangat jarang. Kecepatan evaporasi lebih tinggi dari pada presipitasi. Kelembaban udara sangat rendah. Suhu udara pada siang hari sangat tinggi da[pat mencapai 45*C, sebaliknya pada malam hari sangat rendah yaitu mencapai 0*C. Tanah sangat tandus karena tidak mampu menyimpan air.

FLORA:
Tumbuhan yang dapat bertahan di bioma yang tandus dan kering adalah tumbuhan xerofit. Ada 3 tipe vegetasi tumbuhan gurun:
1. Tumbuhan Sukulen
Tumbuhan sukulem mempunyai ciri menyimpan air dalam batang. bagian luar sebagian pembungkus adalah kulit tebal yang berfungsi untuk menjaga simpanan air dari penguapan air yang besar. Daun yang mengalami modifikasi menjadi duri atau membentuk jarum berfungsi untuk mengurangi penguapan. contoh yang umum dari tipe ini adalah bangsa kaktus.
2. Tumbuhan Parenial
Tipe tumbuhan parenial adalah kelompok tumbuhan yang hanya mampu bertahan kurang lebih selama 2 tahun. terdiri atas semak-semak gurun yang daun-daunnya terbungkus semacam zat lilin untuk menjaga penguapan air disekitarnya cukup tersedia. Tumbuhan ini juga dapat berbunga dan memproduksi biji dengan cepat. Selanjutnya layu dan mati, tetapi bijinya dapat bertahan untuk dapat tumbuh pada musim penghujan berikutnya. Tipe tumbuhan ini dapat dijumpai pada hutan-hutan lainnya yang curah hujannya kecil atau mengalami musim kering yang panjang.
3. Tumbuhan Annual
Kelompok tumbuhan annual hanya bertahan hidup selama semusim. Mempunyai ciri-ciri:
bentuk tanamannya kecil-kecil, cepat berbuah dan masak hanya dalam beberapa hari apabila air di sekitarnya cukup tersedia.

FAUNA:
Reptilia (seperti ular), lizard, iguana, rodentia, dan semut. Unta adalah hewan besar yang khas di bioma ini.

0 komentar:

Posting Komentar