Pages

Senin, 05 November 2012

HUTAN HUJAN TROPIS

4. HUTAN HUJAN TROPIS
LETAK:
Hutan hujan tropis terdapat di daerah tropis yang basah seperti Afrika, Asia Tenggara (termasuk Indonesia), Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.


CUACA:
Curah hujannya tinggi, merata sepanjang tahun yaitu antara 200-225 cm per tahun, matahari bersinar sepanjang tahun, pada setiap bulan perubahan suhu yang terjadi relatif kecil, di bawah kanopi (tudung pohon) gelap sepanjang hari, sehingga tidak ada perubahan antara siang dan malam.

FLORA:
Pada bioma hutan hujan tropis pohon utama mencapai ketinggian 20-40 meter dengan cabang-cabang berdaun lebarsehingga membentuk tudung (kanopi). Pada daerah kanopi terdapat tumbuhan epifit seperti anggrek dan kaktus. Pada daerah tengah hidup rumput-rumputan dan paku-pakuan. Sedang pada daerah dasar dijumpai liana (tanaman berkayu yang memanjat secara khas) dan epifit (tumbuhan yang menempel dan tidak merugikan tumbuhan yang ditempeli.

FAUNA:
Pada daerah tudung hidup hewan-hewan yang bersifat diurnal (hewan yang melakukan aktivitas hidup nya pada siang hari), misalnya burung dan belalang. Dan dibawah kanopi dan daerah dasar hidup hewan-hewan nokturnal (hewan yang melakukan aktivitasnya pada malam hari) misalnya burung hantu, kera, babi hutan, kucing hutan, tupai, macan tutl, dan jaguar.

0 komentar:

Posting Komentar