Pages

Senin, 05 November 2012

HUTAN KONIFER

2, HUTAN TAIGA / KONIFER
Hutan taiga disebut juga hutan konifer. Kata taiga berasal dari Rusia, artinya rawa.Taiga kebanyakan merupakan daerah yang ditumbuhi satu spesiespohon saja dan tanahnya selalu terendam seperti rawa. Apabila musim panas tiba, tanah rawa tersebut akan berubah menjadi lumpur.


LETAK:
menyebar di utara Amerika (Alaska), di utara Eropa dan Asia Utara, Taiga juga ditemukan di pegunungan tinggi yang memiliki iklim dingin, Antara daerah tundra dan taiga dibatasi oleh ecotone.

CUACA:
Suhu rata-rata bioma ini lebih tinggi dari daerah tundra. Curah hujan berkisar 40-375 cm per tahun. Tanah di bioma ini bebas salju selama kurang lebih 3-6 bulan. Keadaan ini memungkinkan tumbuhan paku, lumut, dan jenis tumbuhan biji serta pepohonan besar dapat tumbuh.

FLORA:
Ciri khas tumbuhan di bioma ini adalah didominasi oleh jenis tumbuhan konifer (pohon berdaun jarum yang mirip pohon cemara) seperti pinus, alder, juniper, spruce, dan cedars. Bentuk daun seperti jarum merupakan adaptasi pohon ini terhadap temperature rendah dan berfungsi untuk mengurangi penguapan.

FAUNA:
di bioma ini hidup mamalia besar seperti moose (rusa besar), beruang hitam, caribau, dan rubah kutub, jenis burung seperi rajawali dan burung hantu. Dari jenis burung tersebut pada musim dinginada yang bermigrasi ke selatan , ada juga hewan yang melakukan hibernasi yaitu suatu keadaan seperti koma karena metabolisme berlangsung sangat lambat. Hal ini membantu hewan bertahan hidup pada keadaan terburuk di musim dingin. Produksi kayu di dunia terutama berasal dari hutan konifer.

1 komentar:

apriyanto tobing mengatakan...

Bagus, tp kok kurang lengkap?

boleh saling follow?
http://apriyantotobing-smppucay.blogspot.com

Poskan Komentar